KISI-KISI INSTRUMEN VALIDASI UNTUK AHLI PEMBELAJARAN
Konsep
|
Variabel
|
Indikator
|
Jumlah Butir
|
Butir Instrument
|
Pengambangan
Bahan Ajar PJOK E-Learning Berbasis
Moodle Pada Materi Bolabasket Untuk
Kelas XI Semester Ganjil di SMAN 10 Malang
|
1. Isi
(materi bolabasket kelas XI SMAN 10 Malang)
|
· Metode
pembelajaran
· Tujuan
peembelajaran
· Langkah-langkah
pembelajaran
· Kesesuaian
media pembelajaran
|
2
2
2
1
|
1, 2
3, 4
5, 6
7
|
|
2. Strategi
|
· Kemudahan
· Ketepatan
|
2
6
|
8, 9
10, 11, 12, 13,
14, 15
|
|
3. Evaluasi
|
· Keefektifan
· manfaat
|
2
3
|
16, 17
18, 19, 20
|
INSTRUMEN VALIDASI
UNTUK AHLI PEMBELAJARAN
E-LEARNING
BERBASIS MOODLE PADA MATERI
BOLABASKET
A.
Pengantarisan
Dalam rangka penulisan skripsi,
untuk menyelesaikan studi program Sarjana Pendidikan jasmani dan Kesehatan, di
Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Penulis mengembangakan
Bahan Ajar PJOK E-Learning Berbasis Moodle Pada Materi Bolabasket Untuk
Kelas XI Semester Ganjil Di SMAN 10 Malang.
Sehubung dengan hal tersebut, peneliti mohon kesediaan
Bapak/Ibu untuk mengisi instrument validasi dengan memberi penilaian dan
tanggapan berkaitan dengan kesesuaian, kelayakan, keterpakaian media tersebut.
Hasil dari pengisian intrumen ini
akan digunakan untuk menyempurnakan
produk yang sedang dikembangkan agar bermanfaat
bagi berbagai pihak dimasa sekarang dan masa yang akan datang. sebelumnya saya
menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya atas kesediaan Bapak/Ibu untuk
berpartisipasi dalam pengisian instrument ini.
B.
Identitas
Validator
Nama lengkap :
Pekerjaan :
Instansi :
C.
Petunjuk
pengisian
1. Mohon
kesediaan Bapak/Ibu untuk menilai media pembelajaran E-learning berbasis Moodle.
2. Mohon
diberikan tanda cek (Ö
)pada kolom yang sesui dengan penilaian anda. Skala penilaian adalah 1-4, semakin
besar bilangan yang dirujuk, semakin baik/memadai atau sesuai dengan butir yang
disebutkan.
Pedoman penskoran
setiap aspek:
1 : Tidak baik/tidak
sesaui/tidak menarik
2 : Kurang baik/kurang
sesuai/kurang menarik
3 : Baik/sesuai/menarik
4 : Sangat baik/sangat
sesuai/sangat menarik
3. Validator
merasa perlu memberikan catatan khusus atau saran demi perbaikan media in,
mohon ditulis pada tempat yang disediakan.
Insrumen Penelitian Pengembangan
Bahan Ajar PJOK
E-Learning Barbasis Moodle Pada Materi
Bolabasket Untuk Kelas XI
Semester Ganjil di
SMAN 10 Malang
No
|
Pertanyaan
|
Skor
|
Kritik dan Saran
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Indikator
yang dipilih sesuai dengan kompetensi dasar?
|
|
|
|
|
|
2
|
Penyajian
materi dan quis dalam moodle dijabarkan dari subtansi yang
terkandung dalam KI dan KD?
|
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian
indikator dengan tingkat perkembangan siswa?
|
|
|
|
|
|
4
|
Penyajian
materi bersifat interaktif sehingga memotivasi siswa untuk belajar mandiri?
|
|
|
|
|
|
5
|
Penyajian
materi dengan media moodle meningkatkan motifasi belajar siswa?
|
|
|
|
|
|
6
|
Susunan
aktivitas dalam moodle mengarahkan peserta didik untuk
berfikir secara runtut berdasarkan tahapan 5M (mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengomunikasikan).
|
|
|
|
|
|
7
|
Kejelasan
petunjuk dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
8
|
Kesesuaian
materi motivasi dengan materi yang akan dipelajari?
|
|
|
|
|
|
9
|
Materi
yang disajiikan mudah untuk dipahami?
|
|
|
|
|
|
10
|
Dengan
menggunakan media video memudahkan siswa untuk
diperjari?
|
|
|
|
|
|
11
|
Dengan menggunakan media gambar memudahkan siswa untuk mempelajari
|
|
|
|
|
|
12
|
Materi disajikan sesuai dengan perkembangan ilmu
dan teknologi?
|
|
|
|
|
|
13
|
Penggunaan moodle
mengarahkan siswa lebih mandiri?
|
|
|
|
|
|
14
|
Tugas/soal
latihahan sesui dengan rumusan indikator?
|
|
|
|
|
|
15
|
Tugas/soal
latihan sesuai dengan materi yang
disajikan?
|
|
|
|
|
|
16
|
Apakah
susunan kalimat dari tugas/soal latihan mudah dipahami?
|
|
|
|
|
|
17
|
Penggunaan
moodle mudah untuk diakses?
|
|
|
|
|
|
18
|
Siswa
dapat tanya tanya jawab mengenai materi yang disajikan?
|
|
|
|
|
|
19
|
Meningkatkan
pengetahuan siswa terhadap materi yang disajikan?
|
|
|
|
|
|
20
|
Dengan
adanya moodle meningkatkan
keefektifan siswa dalam belajar?
|
|
|
|
|
|
Kritik dan saran untuk pengembangan
media.
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
Hambatan
yang dialami selama menggunakan media.
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
Rekomendasi:
layak/layak tetap perlu revisi/tidak layak (coret yang tidakperlu)
Malang,
…../………/2016
Ahli pembelajaran
…………………………..
Nip
Tidak ada komentar:
Posting Komentar