Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Proses Belajar
•
Faktor yang ada pada diri siswa itu
sendiri yang kita sebut faktor individu.
Yang
termasuk ke dalam faktor individu antara lain faktor kematangan atau
pertumbuhan, kecerdasan, latihan, motivasi, dan faktor pribadi.
•
Faktor yang ada pada luar individu
yang kita sebut dengan faktor sosial.
Sedangkan
yang faktor sosial antara lain faktor keluarga, keadaan rumah tangga, guru, dan
cara dalam mengajarnya, lingkungan dan kesempatan yang ada atau tersedia dan
motivasi sosial.
•
Latihan atau pengalaman
Tanpa
berlatih dalam arti sebenarnya, kemampuan berlari tetap akan berkembang karena
adanya pengaruh kematangan. Siapapun anak yang normal pasti akan dapat
melakukan ini tanpa harus berlatih.
•
Naik Turunnya Perkembangan Belajar
perkembangan
belajar yang terlihat dari keterampilan anak dapat dikumpulkan dalam waktu yang
cukup panjang, misalnya dalam satu bulan atau satu caturwulan. Dalam bentuk
grafik, hasilnya akan menunjukkan garis menanjak jika yang dikumpulkan adalah
nilai keberhasilan anak dalam melakukan tugasnya. Bila yang dicatat adalah
jumlah kesalahan, maka garis yang terbentuk akan menurun.
•
Faktor yg mempengaruhi
belajar motorik
•
Proses pengolahan
informasi
Dalam proses belajar
motorik tanpa informasi yang kurang akan menghambat proses belajar, dimana
dalam proses tersebut seorang atlit harus mempunyai kemampiuan mengolah apa
yang di inginkan oleh pelatih.
•
Faktor personal
Selain pengolahan
informasi seorang pelajar juga harus aktif mengilah kemampuannya sendiri,
karena tanpa memapuan berlatih dalam pembeajaran kurang berjalan dengan
efektif.
•
Faktor situasi, alamian
sosial
Pengaruh
lingkungan juga berpengaruh terhadap pembelajaran dimana teman berlatih ataupun
pelatih yang kurang baik akan menghambat pembelajaran. Kondisi alam atau juga
di sebut bakat, ketika seorang atlit berbakat pada bidangnya, pembelajaran akan
lebih mudah, katika atlit berbakat tidak pada tempatnya, nantinya juga
berpengaruh atau tidak berjalan dengan baik
•
Pembelajaran Gerak
serangkaian proses yang berkaitan
dengan latihan atau pembekalan pengalaman yang akan menyebabkan perubahan dalam
kemampuan individu untuk bisa menampilkan gerak yang terampil
•
latihan yang menetap
Pengaruh utama
latihan adalah memantapkan keterampilan gerak agar menetap. Pengaruh ini
menghasilkan perubahan yang menetap dalam diri anak sehingga dapat menampilkan
keterampilan itu di masa berikutnya.
•
Latihan yang bersifat sementara
Di samping menghasilkan perubahan yang
menetap, kondisi latihan dapat pula menimbulkan perubahan yang sifatnya
sementara. Karena itu pengaruh ini disebut pengaruh sementara.
•
Umpan balik ekstrinsik
Umpan balik ekstrinsik sering juga
disebut umpan balik tambahan atau dari luar. Informasi yang datang kepada
pelaku biasanya datang dari luar dirinya melalui alat buatan, seperti suara
guru yang memberikan koreksi.
Berdasarkan
faktor yang mempengaruhi kegiatan belajar di atas menunjukkan bahwa belajar itu
merupaka proses yang cukup kompleks. Artinya pelaksanaan dan hasilnya sangat
ditentukan oleh faktor-faktor di atas. Bagi siswa yang berada dalam faktor yang
mendukung kegiatan belajar akan dapat dilalui dengan lancar dn pada gilirannya
akan memperoleh prestasi atau hasil belajar yang baik.
Sebaliknya
bagi siswa yang berada dalam kondisi belajar yang tidak menguntungkan, dalam
arti tidak ditunjang atau didukung oleh faktor-faktor diatas, maka kegiatan
atau proses belajarnya akan terhambat atau menemui kesulitan.
•
Sumber Rujukan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar