Jumat, 06 November 2015

RPP Senam Roll Depa dan Belakang SMA

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan               : SMA N 10 Malang
Kelas / semester                  : XII / 1
Mata Pelajaran                    : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Topik                                   : Senam
Pertemuan                            : 1 (satu)
Alokasi Waktu                     : 3 x 45 menit
 


A. Kompetensi Inti
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangasaan, kenegaraan, dan beradaban terakait penyebab fenomena den kejadian, serta menerapkan pengetahua procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kompetensi Dasar
Indikator Kompetensi
1
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.

1.    Siswa dapat bertanggung jawab dengan kegiatan awal seperti berdo’a, dan memimpin streaching.
2.    Siswa dapat bekerjasama dengan teman sejawat
3.    Siswa bertanggung jawab atas sarana dan prassarana yeng telah dipakai
2
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.

4.    Mengembalikan alat-alat ke tempatnya setelah menggunakan.
5.    Berhati-hati dalam melakukan aktivitas gerak.
6.    Bersemangat dalam melaksanakan aktivitas.
3
3.5    Mengevaluasi  beberapa  rangkaian senam lantai


7.    Menjelaskan teknik awalan.
8.    Menjelaskan teknik tumpuan.
9.    Menjelaskan teknik gerakan roll.
10. Menjelaskan teknik mendarat.
4
4.5   Memperagakan  beberapa rangkaian senam lantai

11. Mempraktikkan teknik awalan
12. Gerakan lanjutan
13. Mempraktikkan teknik tumpuan..
14. Mempraktikkan teknik sikap akhir.
C. Tujuan Pembelajaran
1.     Siswa  terlibat aktif dalam proses pembelajaran
2.     Siswa mengetahui garis besar dari teknik senam lantai roll dan kayang
3.     Siswa mampu melakukan teknik dasar dari roll dan kayang
D.    Materi Ajar :
Senam adalah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara keseluruhan dengan harmonis.

Unsur-unsur senam

Kalestenik
        Latihan tubuh tanpa menggunakan Alat (latihan bebas) untuk kelentukan, keluwesan, dan memelihara ketrampilan.
Tumbling
        Suatu latihan ketangkasan dengan badan berputar atau melenting. Pada saat berputar/melenting, tangan bertumpu atau melayang di udara
           
E.    Metode Pembelajaran :

Pendekatan                 : Scientific
Strategi                       : Cooperative Learning
Teknik                         : Example Non Example
Metode                        : Memberi contoh, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, dan
Ceramah

F.  Langkah-Langkan Pembelajaran
Tahapan
Kegiatan
Waktu
A. Pendahuluan
Ø  Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran
Ø  Melakukan streacing


B. Kegiatan Inti
Mengamati
Ø  Mencari dan membaca informasi tentang  variasi dan kombinasi teknik perlombaan senam lantai
Ø  Peserta didik mengamati perlombaan senam lantai roll dan kayang secara langsung dan atau di TV/video dan membuat catatan tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar senam lantai roll depan belakang dan kayang.

Menanya
Ø Peserta didik secara bergantian saling bertanya tentang variasi dan kombinasi teknik senam lantai roll dan kayang (sikap awal, tumpuan, gerak lanjutan, dan sikap akhir)   misalnya : apakah teknik tumpuan mempengaruhi kemampuan roll, apakah hasil awalan mempengaruhi hasil akhir, apakah terdapat perbedaan   apabila menggunakan pendekatan yang berbeda.
Ø Peserta didik saling bertanya tentang manfaat olahraga cabang senam terhadap kesehatan
Eksplorasi
Ø Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan awalan secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
Ø Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerak lanjutan secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
Ø Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan sikap akhir secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
Ø Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat juah gaya berjalan di udara (awalan, gerak lanjutan, sikap akhir) dengan benar dan membuat kesimpulannya.

Mengasosiasi
Ø Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi olahraga senam roll dan kayang (awalan, gerak lanjutan, dan hasil roll).

Mengkomunikasikan
Ø Melakukan perlombaan senam roll dan kayang dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung-jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.

C.  Penutup

Ø  Untuk meminimalisir cidera dianjurkan siswa melakukan stretcink, berhati-hati dalam melakukan olahraga, saat pendaratan tumpuan harus benar dll.
Ø  Pemberian evaluasi  dan tanya jawab atas pembelajara yang berlangsung.
Ø  Pemberian tugas individu atau kelompok
Ø  Pendinginan, berbaris, berdoa, salam dan berjabat tangan dengan guru.


G.   Penilaian
1.     Tehnik penilaian :
a.     Tes unjuk kerja ( psikomotor)
-        Tes senam meliputi gerakan melayang diudara rentang nilai 1-4
-        Skor maksimal 4 apabila memenuhi aspek awalan, tumpuan, gerak lanjutan, dan hasil gerakan.
.
                            skor yang diperoleh
Nilai             =                                                X 50%
                            skor maksimal
b.     Pengamatan sikap ( afeksi)
-        Sportifitas, antusias, kedisiplinan, kerapihan, inisiatif.
-        Berikan tanda chek (P ) pada kolom yang disediakan, setiap chek skor 1
                            skor yang diperoleh
Nilai             =                                                X 30%
                            skor maksimal


c.      Kuis atau kognisi
-        Mengetahui tentang teknik-teknik dasar senam roll dan kayang.
-        Dengan memberikan soal tulis untuk ngengetahui pengetahuan siswa tentang senam lantai roll dan kayang.
                            skor yang diperoleh
Nilai             =                                                X 20%
                            skor maksimal
2.     Rubrik Penilaian
a.     Ranah Psikomotor
No
Aspek yang dinilai
Centang
1.
Siswa dapat melakukan awalan roll dan kayang

2.
Siswa dapat melakukan tumpuan roll dan kayang

3.
Siswa dapat melakukan gerak lanjutan roll dan kayang

4..
Hasil


Jumlah


Skor maksimal = 4


Nilai unjuk kerja =




b.     Ranah Kogntif
No
Aspek yang dinilai
Kualitas Jawaban
1
2
3
4
1.
Bagaimana proses dalam senam lantai roll ?




2.
Bagaimana proses dalam melakukan kayang?




3.
Ada berapa sikap saat melakukan senam lantai roll?




4..
Ada berapa sikap saat melakukan kayang?





Jumlah





Skor maksimal = 16





Nilai unjuk kerja =
c.      Ranah Afektif
No
Perilaku yang diharapkan
Ceklist
1.
2.
3.
4.
5.
Bekerjasama dengan teman
Perilaku sesame teman
Mentaati peraturan
Menghormati teman yang mengoreksi
Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain


Jumlah


Skor maksimal = 5


Nilai sikap =
NILAI AKHIR = Nilai Psikomotor + Nilai Kognitif + Nilai Afektif





Mengetahui,                                                           Malang, 29 junit 2015
Kepala Sekolah                                                                  Mahasiswa


                                                                                                  Heri Riki Rianto
Nip                                                                                          Nim 120611433899


Tidak ada komentar:

Posting Komentar