Jumat, 06 November 2015

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan               : SMA N 10 Malang
Kelas / semester                  : XII / 1
Mata Pelajaran                    : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Topik                                   : -
Pertemuan                            : 3 (satu)
Alokasi Waktu                     : 3 x 45 menit
 


A. Kompetensi Inti
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangasaan, kenegaraan, dan beradaban terakait penyebab fenomena den kejadian, serta menerapkan pengetahua procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kompetensi Dasar
Indikator Kompetensi
1
1.1   Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.2     Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
1.    Siswa dapat bertanggung jawab dengan kegiatan awal seperti berdo’a, dan memimpin streaching.
2
2.1   Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.2   Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.3   Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.

2.1  Mengikuti pembelajaran awal sampai akhir dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran.

3
3.1 Menganalisis dan merancang strategi dan taktik permainan (pola  menyerang dan bertahan) salah satu permainan bola besar.
3.1  Dapat menjelasakan pengertian passing.
3.2  Dapat menjelaskan posisi tangan.
3.3  Dapat menjelasakan gerak lanjutan saat memasising bola.
4
4.1.  Memperagakan dan mengevaluasi strategi dan taktik permainan (menyerang dan bertahan) salah satu permainan bola besar dengan peraturan terstandar.

41.    Dapat melakukan gerakan passing dengan ketentuan yang disesuaikan.
42.     Siswa dapat melakukan posisi passing antaranya posisi kaki, tangan, badan, dll

C. Tujuan Pembelajaran
1.     Siswa  terlibat aktif dalam proses pembelajaran
2.     Siswa mengetahui teknik dari passing bolabasket
3.     Siswa mampu melakukan teknik passing bolabaske

D.    Materi Ajar :           
Bolabasket  (Passing)
Teknik Dasar Passing (Operan)
a.      Operan dada (chest pass)
b.     Operan lantai (bond pass)
c.      Operan atas kepala (over head pass)
     

Pelaksanaannya:
1.     Berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, salah satu kaki di depan.
2.     Bola berada di depan dada
3.     Posisi siku tidak terbuka lebar dan tidak juga dirapatkan ke badan
4.     Dorong bola lurus ke depan sehingga tangan lurus dan diakhiri dengan sentakan pergelangan tangan (snap).
5.     Pada saat mendorong bola, badan condong ke depan dan bersamaan dengan berpindahnya kaki belakang ke depan (melangkah)
6.     Pandangan mata tetap ke arah bola yang akan dioper.

Latihanbagiparapemainpemula, arah bola haruske dada penerima bola danjalannya bola jangan parabola, tetapilurus.

E.    Metode Pembelajaran :

Pendekatan                 : Scientific
Strategi                       : Cooperative Learning
Teknik                         : Example Non Example
Metode                        : Memberi contoh, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, dan
Ceramah

F.  Langkah-Langkan Pembelajaran
Tahapan
Kegiatan
Waktu
A. Pendahuluan
Ø  Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran
Ø  Melakukan streaking
Ø  Games (terlampir)


B. Kegiatan Inti
Mengamati
Ø  Mencari dan membaca informasi tentang  taknik passing bolabasket dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan membuat catatan/laporan, dan
Ø  Siswa mengamati perlombaan bolabasket secara langsung dan atau di TV/video
Ø  Siswa mengamati tentang  variasi latihan passing(awalan/ancang-ancang,gerak lanjutan, dan hasil lemparan) yang diperagakan oleh guru atau salah satu siswa.

Menanya
Ø Siswa secara bergantian saling bertanya tentang teknik latihan passing bolabasket, apakah terdapat perbedaan   apabila menggunakan pendekatan yang berbeda.
Ø Siswa saling bertanya tentang manfaat permainan olahraga cabang bolabasket terhadap kesehatan
Ø Siswa saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam olahraga cabang bolabasket.
Eksplorasi
Ø Memperagakan variasi dan latihan passing bolabasket secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
Ø Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik passing bolabasket dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Ø Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi latihan passing bolabasket.

Mengasosiasi
Ø Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual siswa dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi olahraga bolabasket.

Mengkomunikasikan
Ø Melakukan permainan bolabasket saat akhir pembelajaran.

C.  Penutup

Ø  Untuk meminimalisir cidera dianjurkan siswa melakukan stretcink, berhati-hati dalam melakukan olahraga, saat pendaratan tumpuan harus benar dll.
Ø  Pemberian evaluasi  dan tanya jawab atas pembelajara yang berlangsung.
Ø  Pemberian tugas individu atau kelompok
Ø  Pendinginan, berbaris, berdoa, salam dan berjabat tangan dengan guru.


G.   Penilaian
1.     Tehnik penilaian :
a.     Tes unjuk kerja ( psikomotor)
-        Tes passing meliputi gerakan passing rentang nilai 1-4
-        Skor maksimal 4 apabila memenuhi aspek posisi badan, gerakan tangan, perkenaan, hasil.
-         
.


                            skor yang diperoleh
Nilai             =                                                X 50%
                            skor maksimal
b.     Pengamatan sikap ( afeksi)
-        Sportifitas, antusias, kedisiplinan, kerapihan, inisiatif.
-        Berikan tanda chek (P ) pada kolom yang disediakan, setiap chek skor 1
                            skor yang diperoleh
Nilai             =                                                X 30%
                            skor maksimal


c.      Kuis atau kognisi
-        Mengetahui tentang teknik-teknik dasar passing bolabasket.
-        Dengan memberikan soal tulis untuk ngengetahui pengetahuan siswa tentang passing bolabasket.
                            skor yang diperoleh
Nilai             =                                                X 20%
                            skor maksimal
2.     Rubrik Penilaian
a.     Ranah Psikomotor
No
Aspek yang dinilai
Centang
1.
Posisi badan

2.
Pergerakan tangan siswa

3.
Gerak lanjutan

4..
Hasil lemparan


Jumlah


Skor maksimal = 4


Nilai unjuk kerja =




b.     Ranah Kogntif
No
Aspek yang dinilai
Kualitas Jawaban
1
2
3
4
1.
Bagaimana posisi badan saat akan passing?




2.
Bagaimana posisi tangan saat melakukan passing?




3.
Ada berapa urutan dalam melakukan passing?




4..
Bagaimana arah bola saat dipassing?





Jumlah





Skor maksimal = 16





Nilai unjuk kerja =
c.      Ranah Afektif
No
Perilaku yang diharapkan
Ceklist
1.
2.
3.
4.
5.
Bekerjasama dengan teman
Perilaku sesame teman
Mentaati peraturan
Menghormati teman yang mengoreksi
Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain


Jumlah


Skor maksimal = 5


Nilai sikap =
NILAI AKHIR = Nilai Psikomotor + Nilai Kognitif + Nilai Afektif







Mengetahui,                                                           Malang, 19 Agustus 2015
Kepala Sekolah                                                                  Mahasiswa


                                                                                                  Heri Riki Rianto
Nip                                                                                          Nim 120611433899


Tidak ada komentar:

Posting Komentar