RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA N 10 Malang
Kelas / semester : XI / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Topik :
Tolak peluru
Pertemuan : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 3 x 45
menit
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangasaan, kenegaraan, dan beradaban terakait penyebab fenomena
den kejadian, serta menerapkan pengetahua procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Menghayati dan mengamalkan
nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan
olahraga, dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah
pelajaran.
b. Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan
hasil akhir.
c. Membiasakan berperilaku baik dalam berolahraga dan
latihan.
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab dalam
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri
sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan
kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
2.8 Memiliki
perilaku hidup sehat.
3.1 Memahami
konsep keterampilan gerak fundamental.
4.1 Mempraktikkan teknik dasar tolak peluru dengan menekankan
gerak dasar fundamental.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
AFEKTIF
a)
Membiasakan
prilaku berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran
b)
Mempraktikan
kebiasaan baik dalam berolahraga
c)
Menunjukan
prilaku bertangung jawab
KOGNITIF
a) Memahami pengetahuan modifikasi gerak dasar dan
taktik tolak peluru.
PSIKOMOTOR
a) Mempraktikan modifikasi gerak dasar dan taktik
tolak peluru dengan menekankan gerak dasar fundamental
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Selama dan sesudah pembelajaran
berakhir diharapkan siswa dapat :
1.
Dalam dimensi
afektif
a. Berdoa sesuai dengan agama yang dianutnya
b. Menunjukan prilaku tidak menyakiti diri sendiri dan
orang lain
c. Menunjukan prilaku tanggung jawab
2.
Dalam dimensi
kognitif
Memahami cara-cara menguasai teknik dalam olahraga tolak
peluru sederhana, yang meliputi :
a. Cara-cara memegang peluru
b. Cara-cara awalan saat sebelum melakukan tolakan
c. Cara-cara lanjutan setelah melakukan tolakan
3.
Dalam dimensi
psikomotor
Dapat mempraktikan :
Dapat mempraktikan :
a.
Memegang
peluru
b.
Melakukan
tolakan
c.
Gerakan
lanjutan
E. MATERI AJAR
Siswaberpakaianolahragamemasukilapanganuntukmengikutipembelajaranmengenaiolahraga tolak
peluru dansiapuntukmengikutisatu unit
pembelajarandalampermainan tolak peluru.
F.PENDEKATAN/STRATEGI/METODE/
DAN TEKNIK PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Taktis
2.
Strategi : Divergent
3.
Metode : Bagian, keseluruhan
4.
Teknik : Tanya jawab, tugas,
penjelasan, demonstrasi
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PertemuanPertama
RincianKegiatan
|
AlokasiWaktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
Pendahuluan
· Guru menyiapkan 10 peluru di lapangan
· Mengucapsalam
· Memintaketuakelasmeminpindoa
· Mengabsensiswa
· Memberikanmotivasi
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
Pendahuluan
· Siswaberpakaianolahragadanmemasukilapangan
· Menjawab
salam
· Ketua
kelas memimpin doa
· Absen
· Menyimak
motivasi
· Menyimak
tujuan yang disampaikan guru
|
10menit
|
KegiatanInti
· Membariskansiswadankemudianmemintasiswamelakukanpemanasan
· Menjelaskan dan mendemonstrasikan teknik dasar
tolak peluru
· Membagisiswa menjadi beberapa kelompok yang
terdiri 4 s.d 6 orang setiap kelompok.
· Memintasiswamelakukangerakandasartolak
pelurutanpamenggunakanpeluru
· Memintasiswamelakukangerakandasartolak peluru
denganmenggunakanpelurusecarabergantiandalamkelompok yang telahdibagi.
· Mengambil contoh yang benar dan salah dari siswa
sebagai evaluasi awal.
· Memintasiswamelakukantolakanindividudanbergantianuntukpenilaian
· Menilaisiswatentangteknikdasartolakpelurusiswa
· Membariskansiswadanmemintamelakukanpendinginan
|
KegiatanInti
· Berbarisdanmelakukanpemanasan
· Menyimak demonstrasi guru mengenai teknik dasar
tolak peluru
· Berkumpulbersamakelompok
· Melakukan gerakan-gerakan dasar tolak peluru
tanpa menggunakan peluru.
· Melakukan gerakan dasar tolak peluru dengan
menggunakan peluru secara bergantian dalam kelompok yang telah dibagi.
· Melakukan perintah guru tentang tolakan dalam
olahraga tolak peluru
· Melakukantolakansecaraindividudanbergantian
· Berbarisdanmelakukanpendinginan
|
25menit
|
Penutup
·
Evaluasi dan demonstrasi
·
Memberikan informasi bahwa minggu depan belajar
mengenai materi
selanjutnya.
·
Memberikan motivasi pada siswa
·
Meminta ketua kelas memimpin doa
·
Mengucapkan salam
·
Meminta siswa mengembalikan peluruke ruang perlengkapan olahraga
|
Penutup
·
Menyimak evaluasi dan
demonstrasi
·
Menyimak informasi yang
diberikan guru
·
Menyimak motivasi dari
guru
·
Ketua kelas memimpin doa
·
Menjawab salam
·
Mengembalikan peluru ke ruang perlengkapanolahraga
|
10 menit
|
Saat pemansaan
Saat
pelaksanaan gerakan tolakan tanpa peluru
Saat melakukan
tolakan dengan peluru secara bergantian
Keterangan :
siswa
guru
H. ALAT DAN
SUMBER BELAJAR
1. Alat
pembelajaran
a. Peluru sebanyak 10 buah
b. Meteran
c. Peluit
d. Tali rafia
2. Sumber
belajar
Subroto, Toto. 2010. OlahragaPermainan. Bandung: gramedia
Subroto, Toto. 2010. OlahragaPermainan. Bandung: gramedia
I. PENILAIAN
HASIL BELAJAR
Penilaian hasil belajar harus mencakup ketiga dimensi
seperti yang dirumuskan di dalam tujuan pembelajaran. Bobot penilaian untuk
setiap dimensi adalah sebaai berikut : (1) untuk dimensi kognitif 30%, (2)
untuk dimensi psikomotor 30%, dan (3) untuk dimensi apektif 40%.
1.
Teknik Penilaian
Teknik
penilaian yang digunakan adalah sebagai berikut : (1) untuk dimensi kognitif
diguakan teknik bertanya, (2) untuk dimensi psikomotor digunakan teknik
observasi, (3) untuk dimensi apektif digunakan teknik observasi
CARA PENSKORAN
1. skor 10 diberikan kepadasiswa yang
dapat menyebutkan jawaban yang benar.
2. skor 5 diberikan kepada siswa yang
tidak dapat menyebutkan jawaban yang benar.
NO
|
NAMA SISWA
|
Dimensi kognitif yang
diobservasi
|
||||||||||||
Cara memegang peluru
|
Cara melakukan tolakan
|
JUMLAH
|
||||||||||||
Benar
|
Tidak
|
Benar
|
Tidak
|
|||||||||||
CARA PENSKORAN
1. Beritanda check list (v)
pada masing-masing indikator jika yang bersangkutan pernah melakukan dan tanda silang (x) jika
yang bersangkutan tidak pernah melakukan.
Yang diberi
tanda (V) diberi skor 10, dan yang diberi tanda (x) diberi skor 5.
NO
|
NAMA SISWA
|
Dimensi psikomotor yang
diobservasi
|
|||||||||||
Memegang peluru
|
Tolakan
|
JUMLAH
|
|||||||||||
Pernah
|
Tidak
pernah
|
Pernah
|
Tidak pernah
|
||||||||||
NO
|
NAMA SISWA
|
Dimensi afektif yang
diobservasi
|
||||||||||||
Berdoa
sesuai dengan agama yang dianutnya.
|
Mempraktikkan
kebiasaan baik dalam pembelajaran.
|
Menunjukan
perilaku bertanggungjawab.
|
JUMLAH
|
|||||||||||
Pernah
|
Tidak
|
Pernah
|
Tidak
|
Pernah
|
Tidak
|
|||||||||
No.
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah
|
||
Aspek Kognitif 30%
|
Aspek Afektif 35%
|
Aspek Psikomotor
35%
|
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar