Pendahuluan
Laporan ini sengaja kami buat untuk
memenuhi keputusan surat dinas pendidikan yang menyangkut Praktek Kerja
Industri (P.I) Laporan yang saya buat ini juga nanti nya akan menjadi snyarat
mutlak untuk mengikuti Ujian Nasional.
Untuk memenuhi segala kriteria yang telah
di tentukan oleh pihak sekolah saya siswa di haruskan membuat laporan yang
menyangkut kepentingan belajar mengajar seprti yang pernah terlampir di surat
permohonan untuk dapat menguasai beberapahal tentang bangunan Antaranya ialah :
a)
Menguasai , mengerti dan memehami cara membuat
rencana Anggaran Bangunan(RAB)
b)
Menguasai , mengerti dan memahami cara membuat
atau menentukan Jadwal pelaksanan
pembangunan (Time schedule)
c)
Dapat serta mampu untuk menggambar bangunan
secara manual atau menggambar dengan mengunakan komputerdengan 2 dimensi atau 3
dimensi(Auto Cad)
d)
Menguasai , mengerti dan memahami cara
membuat rencana kerja
dan syarat-syarat
Hal tersebut sangat di perlukan dalam pembangunan.
Karena itulah saya mencoba
Melaksanakan Apa yang menjadi keperluan saya dalam
pembangunnan.
Didalam
laporan ini semua keperluan porses belajar menyangkut pembangunan telah
dilakukan tapi untuk kesempurnaan tetap sangat diperlukan oleh karena itulah
saya / siswa memerlukan bantuan dari pihak yang banyak pengalaman tentang
bangunan.
Saya /
siswa mengucapkan terimakasih banyak pada pihak sekolah dan pihak yang terkait
atas segala kesempatan yang telah diberikan . saya /siswa sangat merasa bangga
sekali telah mendapatkan berjuta pengalaman dan ilmu dari apayang telah
dilakukan pihak sekolah dan pihak yang terkait didalamnya,hal ini dapat terkait
bukan lain karena yang telah dipertunjukan pihak-pihak terkait
Sekali
lagi saya / siswa mengucapkan trimakasih banyak atas segala bentuk bantuan yang
Sentani berikan.
Kata
Pengantar
Dunia
pendidikan adalah sesuatu yang harus dimasuki dan dialami setiap orang yang
ingin melengkapi kehidupannya.Dengan
ILMU, PENGETAHUAN &KETRAMPILAN dalam berbagai aspek.
Oleh
karena itu setiap siswa harus menyadari sepenuhnya akan maksud dan tujuan dari
proses pendidikan yang sedang mereka jalani,agar apa yang mereka lakukan itu tidak
sia-sia . apa bila ternyata ada siswa didik yang belum menyadari nya,maka pihak-pihak yang terkait semestinya
memberikan bimbingan dan arahan dalam berbagai bentuk demi keberhasilan siswa didik . pihak
sekolah sebagai lembaga pendidikan formal adalah pihak yang sangat berkompeten.Dalam hal ini Orang tua , Lingkungan , lembaga pendidikan
,profesi , dunia usaha industri dan tentu saja pemerintah adalah pihak-pihak yang
juga sangat menentukan berhasil tidak nya seorang siswa didik memperoleh ILMU ,
PENGETAHUAN & KETRAMPILAN Yang semestinya mereka dapatkan.
Baik
siswa Didik maupun semua
pihak yang terkait dalam proses pendidikan harus menjadikan ILMU, PENGETAHUAN & KETRAMPILAN sebagai
salah satu “KEBUTUHAN” dan bukan sekedar “KEINGINAN” saja.Sehingga hal ini benar-benar menjadi
suatu target yang harus dicapai.
Selama 3
bulan beberapa siswa SMK Negri 1 Jenangan PONOROGO
jurusan tehnik bangunan menjalani PRAKTEK INDUSTRI di lembaga kami CV SENTANI , Untuk mandapatkan pengalaman
sebanyak-banyaknya di bidang rancang bangun , teori-teori pengetahuan , dan pengawasan adalah materi-materi yang bisa mereka
dapatkan selama “PRAKTEK INDUSTRI”ini.
Namun
demikian CV SENTANI juga
menyadari adanya kekurangan sebagai
lembaga mitra pendidikan dalam rangka ikut membekali para siswa didik untuk
memperoleh pengalaman khususnya di bidang industri.
Di akhir
masa”P.I” saya
diwajibkan untuk menyusun laporan
pengalaman yang kami
peroleh dapat terulang di dalamnya . laporan ini diharapkan dapat berguna
sebagai media dokumentasi dan evaluasi bagi siswa”P.I” dan menjadi media
komunikasi dan informasi bagi pihak lain yang membacanya.
Kami berharap setelah siswa didik
menjalani “P.I” mereka memperoleh pengalaman baru
yang dapat membuka cakrawala pandang mereka menyegarkan semangat dan motivasi belajar mereka sehingga
membawa dampak peningkatan prestasi study mereka.
Semoga
apa yang telah kita upayakan bersama ini menjadi suatu yang berarti dan berguna
bagi para siswa demi masa depan yang lebih baik.
Madiun .29
januari 2011
CV.SENTANI
Ir.Tutus Tjahjono
A
. TEORI
Teori yang tidak diajarkan di
sekolah atau belom diajarkan di sekolah,tapi dapat kita pelajari dari di tempat
P.I (Praktek Industri) dan dapat di hafalkan secara mudah
Diantara
lain :
1.
Pengertian bangun dan bidang
2.
Cara mudah menghitung luas bidang atau
luas limas
3.
Perbedaan bangun dan bidang
v Pengertian
bangun dan bidang
· Pengertian
bangun
Bangun
adalah yang dapat dilihat di berbagai arah juga bisa di kaatakan 3
dimensi,mempunyai volume yang dapat di hitung dengan (p x l x t)
· Pengertian
bidang
Bidang adalah yang dapat dillihat dari dua
arah,yaitu depan dan belakang.tidak mempunyai volume tapi mempunyai luas yang
dapat di hitung dengan (p x l)
v Cara
mudah menghitung luas bidang atau limas
Contoh :
E G
D C
Cara
menghitung luas limas segi lima menggunakan baris bantu menggunakan bangun
empat persegi.
E-mail :
ricky.ryper@yahoo.com
|
Di gunakan garis bantu
EF dan FG
Ø Cara
menghitung < E = < AB - <EF
=
1800 - 450 = 1350
Ø Cara
menghitung < F = < AB - <FG - <FE
=
1800 - 450 - 450
=
900
Ø (
< E = < G )
Ø Total
luas limas segi lima = < D+ < C + < E + < F + < G = 540 m2
v Perbedaan
bangun dan bidang
· Bangun
adalah gabungan dari beberapa bidang yang dapat di hitung (p x l x t) dan bisa
juga disebut 3 D
· Bidang
adalah menghubungkan antara titik pertama dan di ambil garis hingga kembali ke
titik semula,dapat di luas ( p x l ) dan bisa juga disebut 2 D.
B
. Pengenalan Lapangan
a)
Proyek bpk RAN di.Jln melon perencana
C.V SENTANI pengawas C.V SENTANI pelaksanaan sewa kelola.Bagian-bagian ruang
terdiri dari teras,ruang tamu,ruang makan,dapur,3 kamar tidur,2 kamar
mandi,tempat jemur,garasi,car port,
v Latar
belakang
Pembangunan
ini adalah permintaan dari konsumen untuk rumah tinggal
yang direncanalan oleh
Architectural SENTANI dan dikerjakan oleh 7 pegaeai dan 1 mandor
b)
Proyek bpk NO di.Jln.........perencana
C.V SENTANI pengawas C.V SENTANI pelaksana sewa kelola .membuat tempat kost
yang terdiri dari 4 kamar sederhana dan 2 kamar mewah,3 kamar mandi,ruang
santai,dapur,tempat jemur,dan garasi.
v Latar
belakang
Pembangunan
ini adalah permintaan dari konsumen atau bpk syamshi untuk
dijadikan tempat kost
yang di rencanakan oleh C.V SENTANI,bagunan tersebut menghadap ke timur yang
akan di selesaikan -+ 3-4
bulan
E-mail :
ricky.ryper@yahoo.com
|
C
. Teori yang dapat di lapangan
· Membuat
bowplank
· Membuat
plesteran
· Pasang
kramik
· Memotong
besi begel sloof dan kolom
· Membuat
begel sloof dan kolom
· Merancang
sloof dan kolom
· Ukur
tanah
· Menggali
pondasi
D
. Dasar blowplank
Bowplank
dipasang ½ m di luar bangunan se keliling setelah
itu di ukur panjang dan lebar bangunan,kemudian panjang dan
lebar ruang di dalam bangunan di tandai
dengan paku
Di tarik garis dengan benang.
· Alat
dan bahan
1.
Reng yang ukuran .....
2.
Palu
3.
Paku
4.
Benang
5.
Palu besar
E
. Membuat plesteran
Plesteran
campuran pertama satu skrup semen,tiga skrup kapur,dan delapan skrup pasir
dan air secukupnya,tapi campuran plesteran di buat
agak lembek agar mempermudah pembuatan plesteran.plesteran campuran ke dua
menggunakan satu skrup semen dan 3 skrup kapur.
·
Alat Dan Bahan
1.
Cetok
2.
Benang
3.
Lepan
4.
Trowol
5.
Blebes
6.
Martil/Palu
7.
Paku
8.
Pasir
9.
Kapi
10. Lot
11.
E-mail :
ricky.ryper@yahoo.com
|
12. Kapur
13. Campuran
Semen
14. Air
15. Ember
F
. Pasang kramik
Pemasangan
keramik pertamakali menghitung luas bagian yang akan dikeramik. setelah itu
menyiku dan mencari kedataran lantai. Kemudian membuat luluh untuk merekatkan
keramik dari lantai. Sebelum keramik di pasang terlebih dahulu keramik di
rendam sampai gelembung-gelembungnya menghilang.
· Alat
Dan Bahan
1.
Palu
2.
Benang
3.
Paku
4.
Waterpast
5.
Cethok
6.
Bak Air
7.
Cangkul
8.
Campuran Semen
9.
Kramik
G.
Memotong Besi begel Sloof Dan kolom
Memotong
besi pertama kali adalah memilih besi yang ukuran diameter yang benar kemudian
di potong dengan mengunakan alat sebagai berikut
· Alat
Dan bahan
1.
Gunting besi
2.
Besi diameter 6 &10
3.
Gergaji besi
H. Membuat begel Sloof dan Kolom
Pembuatan
sloof dan kolom harus sesuai dengan ukuran masing – masing.sloof dengan ukuran
15/20 dan kolom 15/15.jika ukuran memanjang sloof adalah 57 cm,dan kolom adalah
42 cm.
E-mail :
ricky.ryper@yahoo.com
|
· Alat
dan bahan
1.
Besi berdiameter 0.06 dan 0.10
2.
Kayu balok
3.
Paku besar
4.
Pleser
I. Merancang sloof dan kolom
Menggabungkan
begel sloof dan kolom.di setiap meter terdiri dari 6 begel.
· Alat
dan bahan
1.
Besi panjang yang sudah
di sesuaikan
2.
Begel
3.
Bendrat
4.
Catot
J.
Ukur tanah
Untuk
mengetahui luas tanah yang akan di
bangun,untuk mendisaint bangunan yang akan di rencanakan.
· Alat
dan bahan
1.
Meteran
2.
Angkur ayau patok
K.
Menggali pondasi
Perencanaan
untuk pembuatan pondasi.yang akan bertanggung jawab atas beban bangunan di
atasnya.
· Alat dan bahan
1.
Cangkul
2.
Meteran
3.
Cikrak
4.
Ganco
5.
Linggis
E-mail :
ricky.ryper@yahoo.com
|
L
. bagian- bagian bangunan
· Pondasi
· Lantai
· Dinding
· Plafon
· Atap
M. Penjelasan dan fungsi
1)
Pondasi
Bagian bangunan yang tepat nya pada
tempat paling bawah bangunan dan berfungsi untuk menompang seluruh benban yang ada pada
atas pondasi.pondasa di bedakan menjadi dua yaitu : PONDASI TELAPAK dan PONDASI
FERTIKAL.
· Pondasi
telapak :
Pondasi
yang mengunggulkan kekuatan kekuatan
telapak,jadi semakin besar atau semakin lebar telapak pondasi,maka semakin kuat
bangunan yang ada pada atas pondasi tarsebut.
v Macam
1)
Batu kali
2)
Plat beton
3)
Bak beton
· Pondasi
vertikal :
Pondasi
yang mengggunakan kekuatan kepanjang.diman bila semakin panjang pondasi
tersubut atau semakin banyak ujung pondasi bergeesekan dangan tanah,maka
semakin kuat bangunan yang ada pada atas pondasi tersubut.
v Macam
1)
Paku bumi
2)
Stros
3)
Cerucuk
4)
Cakor
·
Fungsi
Dari semua pondasi
tersebut adalah sebagai pengacuh atau dasar dari sebuah bangunan yang di
pertanggung jawabkan kekuatan bangunan.dan berfungsi sebagai penompang beban
bangunan yang ada pada atasnya.
E-mail :
ricky.ryper@yahoo.com
|
2)
Dinding
Bagian bangunan ( virtikal ) yang
membentuk bangunann di atas pondasi dan dipergunakan sebagai pembatas ruangan.
·
Fungsi
Sebagai pembentuk bangunan dan
membatasi sebuah ruang satu dan ruang yang lainnya.
3) Lantai
Bagian bangunan ( horisontal ) yang
ada pada atas orog sirtu bawah lantai.
·
Fungsi
Menjadi alas dari sebuah ruang –
ruang bangunan yang ada dalam sebuah bangunan.
4) Plafon
Bagian tambahan bangunan ( horisontal ) yang
ada pada bawah atap.
·
Fungsi
Pembatas ruang dari sisi atas,
memperindah ruangan,dan juga bisa dikatakan sebagai penghalang debu dan
sejenisnya dari atas.
5) Atap
Bagian penutup atas bangunan.
·
Fungsi
Menutup bangunan dari sisi atas dan
menghindari dari terik matahari,panas,dan hujan.
N . Bagian-bagian pengerjaan
· Pondasi
· Sloof
· Lantai
· Dinding
· Kolom
· Kolom
praktis
· Plafon
· Dak
cor
· Balok
latai
· Ring
gewel
· Atap
E-mail : ricky.ryper@yahoo.com
|
O . fungsi
·
Sloof = mengikat pondasi ( menyatukan
pondasi satu dan yang lain ) dan merataka baban dinding atau bebean yang
ada di atasnya.
·
Dinding penyangga = menompang beban di atasnya.
·
Dinding pengisi = membatasi ruang.
·
Kolom =
menompang beban yang ada di atasnya dan meneruskan ke pondasi.
·
Kolom praktis = pengaku dinding
·
Balok =
menahan atau menompang beban yang ada di atasnya dan menyalurkan ke kolom.
·
Ring balok = mengikat dinding dan meratakan beban yang ada di
atasnya.
P
. perbedaan antara kunsultan dan kontraktor
· Konsultan = suatu lembaga yang bertugas segabai
mendisain rumah yang sesuai dengan permintaan konsumen.
· Kontraktor = suatu lembaga yang menerima hasil gambar
dari konsultan lalu meneruskanya sampai jadi dan dapat
dipertanggung jawabkan.
Q
. tugas RAB dari lapangan
Tugas
ini adalah tugas yang di beri dari
kantor dan dikerjakan per orang dan saya mendapatkan tugas menghitung pekerjaan
lantai dan pekarjaan saluran air hujan.
Ø Pekerjaan
lantai
1.
Rabat beton = 11,25 x 13,10 x 0,2
=147,375
x 0,2
=29,475
m3
2.
Pasangan kramik 40X40 = (luas semua kecuali wc,garasi,dan dapur)
=127,515
x 6 ( 6 adalah dari 1 m2 tediri
=765
biji dari 6 biji kramik )
3.
Pasangan kramik 20X20 =(luas semua ruang wc)
=12,39
x 25 ( 25 adalah dari 1 m2 terdiri
=310
biji dari 25 biji kramik)
4.
Pasangan kramik 20X25 =(luas garasi) (20
adalah dari 1 m2 terdiri
=7,47
x 20 dari 20 biji kramik
=149
biji
E-mail :
ricky.ryper@yahoo.com
|
Ø Pekerjaan
saluran air hujan
1.
Pasangan talang =13,10 x 2 x Rp
=26.2
x Rp
2.
Pasangan bak ukur = -
R
. RAB
(menghitung
RAB dari bangunan sendiri dengan luas tanah 7 x 15 m2
Dangan ruangan sebagai baerikut :
· Teras
depan dan teras belakang
· Ruang
tamu
· Kamar
utama
· Kamar
anak
· Kamar
pembantu
· Ruang
makan dan ruang keluarga jadi satu
· Kamar
mandi
· Taman
depan dan taman belakang
· Car
port
A.
Pekerjaan persiapan
1.
Pembersihan = p x l
=15 x 7
=105 m2
2.
Pasangan bowplank =p + l
=15
+ 7 x 2
=22
x 2
=44
m
B.
Pekerjaan tanah
1.
Galian tanah biasa =
l x t x k
=
1 x 1.5 x 85
=
102 m3 + (Galian tanah dalam bangunan)
E-mail :
ricky.ryper@yahoo.com
|
=
102 +( 73.5 x 0.56 )
=
102 + 41.16
=
143.16 m3
2.
Urug sirtu bawah lantai = L x t
=
74 x0,36
=
26.64 m3
3.
Urug
tanah kembali = L alas Ats + L alas
Bwh x t x k
2
2
= 0.396
x 85
=
33.575 m3
4.
Urug pasir = L x t x k
=1 x
0.1 x 85
= 8.5
m3
C.
Pekerjaan pasangan
1.
Ansrtamping batu kali = l x t x k
=
1 x 0.1 x 85
=
8.5 m3
2.
Pasangan
batu kali = L alas Ats + L alas
Bwh x
t x k
2
2
=
0.495 x 85
=
42.075 m3
o
Pasir = 42.075 x 0.324 (
pasir per m3 )
=
13.6323 m3
o
Semen = 42.075 x 4.32 (
semen per m3 )
=
181 sak
o
Batu
= 42.764 x 1.2 ( batu pecah per m3 )
E-mail :
ricky.ryper@yahoo.com
|
3.
Pasangan batu bata = Ruang tamu = k x t
=
8.5 x 4.5
=
38.25 m2
=
Bangunan = k x t
=
52.5 x 4
=
210 m2
=
Bagian atas = p x t
=
6 x 2.74
=
16.44 m2
=
Total = Ruang tamu
+ Bangunan + Bagian atas
=
38.25 + 210 + 16.44
=
264.69 m2
=
3 x 2
=
6 m2
=
3.35 x 2.74
=
9.179 m2
=
1.72 x 1.35
=2.322
m2
=Total
gewel = 6 + 9.179 + 1.322
=
16.501 m2
=Total = Dinding + gewel
=
264.69 + 16.501
=
281.191 m2
E-mail :
ricky.ryper@yahoo.com
|
=
281.191 x 65
=
18277 bata
o
Pasir = 281.191 x 0.048 ( pasir per m2 )
=
13.497 m3
o
Semen = 281.191 x 0.19 ( semen per m2 )
=
53 sak
D.
Pekerjaan beton
1.
Sloof 15/20
§ Pengecoran = l x t x k
=
0.15 x 0.20 x 85
=
0.03 x 85
=
2.55 m3
Ø Pembesian = Begel =
85 x 6 ( jumlah begel per meter)
=
24.225 Biji
Hitungan
kg = Ø 6 = ( 6 x 6 x 290.7 x 0.64 ) 0.006165
=
6697.728 x 0.006165
=
41.29 kg
= 28
lonjor
Hitungan kg = Ø 10 =
( 10 x 10 x 350 x 0.64 ) 0.006165
=
22400 x 0.006165
=
138.096 kg
E-mail :
ricky.ryper@yahoo.com
|
o
Semen = 2.55 x 6.8
( semen per m3 )
=
17 sak
o
Pasir = 2.55 x 0.54 ( pasir per m3 )
=
1.377 m3
o
Batu = 2.55 x 0.83 ( batu pecah per m3 )
= 2.116 m3
2.
Kolom 15/15
Ø Pengecoran = l x t x t
=
0.10125 x 8
=
0.81 m3
=
0.09 x 19
=
1.71 m3
=
Total = 0.81 + 1.71
=
2.52 m3
Ø Pembesian
=
Ruang tamu = t x ( jumlah kolom )
=
4.5 x 8
=
36 m
=
Bangunan = t x ( jumlah kolom )
=
4 x 19
=
76 m
=
Jumlah = 36 + 76 = 112 m
E-mail :
ricky.ryper@yahoo.com
|
Hitungan
kg = Ø
6 = (6 x 6 x 112 x 0.64) 0.006165
=
2580.48 x 0.006165
=15.908 kg
=
37 lonjor
Hitungan
kg = Ø
10 = (10 x 10 x 448 x 0.64) 0.006165
=
28672 x 0.006165
=176.762
kg
o
Semen = 2.52 x 6.8
( semen per m3 )
=17
sak
o
Pasir = 2.52 x 0.54 ( pasir per m3 )
=
1.360 m3
o
Batu = 2.52 x 0.83 ( batu pecah per m3 )
=
2.091 m3
3.
Balok latai 15/20
§ Pengecoran = l x t x k
=
0.15 x 0.20 x 85
=
0.03 x 85
=
2.55 m3
Ø
Pembesian = Begel =
85 x 6 ( jumlah begel per meter)
=
24.225 Biji
Hitungan
kg = Ø 6 = ( 6 x 6 x 290.7 x 0.64 ) 0.006165
=
6697.728 x 0.006165
E-mail :
ricky.ryper@yahoo.com
|
= 28 lonjor
Hitungan kg = Ø 10 =
( 10 x 10 x 350 x 0.64 ) 0.006165
=
22400 x 0.006165
=
138.096 kg
o
Semen = 2.55 x 6.8 (
semen per m3 )
=
17 sak
o
Pasir = 2.55 x 0.54 ( pasir per m3 )
=
1.377 m3
o
Batu = 2.55 x 0.83 ( batu pecah per m3 )
=
2.116 m3
4.
Ring balok 15/15
Ø Pengecoran = l x t x t
=
0.10125 x 8
=
0.81 m3
=
0.09 x 19
=
1.71 m3
=
Total = 0.81 + 1.71
=
2.52 m3
Ø Pembesian
=
Ruang tamu = t x ( jumlah kolom )
=
4.5 x 8
=
36 m
=
Bangunan = t x ( jumlah kolom )
=
4 x 19
=
76 m
E-mail :
ricky.ryper@yahoo.com
|
=
23 Lonjor
Hitungan
kg = Ø
6 =
(6 x 6 x 112 x 0.64) 0.006165
=
2580.48 x 0.006165
=15.908
kg
=
37 lonjor
Hitungan
kg = Ø
10 =
(10 x 10 x 448 x 0.64) 0.006165
=
28672 x 0.006165
=176.762
kg
o
Semen = 2.52 x 6.8 (
semen per m3 )
=17
sak
o
Pasir = 2.52 x 0.54 (
pasir per m3 )
=
1.360 m3
o
Batu = 2.52 x 0.83 ( batu pecah per m3 )
=
2.091 m3
5.
Ring gewel 15/15
Ø Gewel 6 x 2
Ø Pengecoran =
l x p x t
=
0.045 m3
E-mail : ricky.ryper@yahoo.com
|
Ø Gewel 6.7 x 2.74
Ø Pengecoran = l x p x t
=0.183
m3
Ø Gewel 3.44 x 1.35
Ø Pengecoran =
l x p x t
=
0.030 m3
Ø Total
panjang semua = 2 + (2.74 x 3) +
1.35
= 2 + 8.33 + 1.35
= 11.68 m3
Ø
Pembesian = 11.68 x 6 (jumlah begel per meter)
= 3 lonjor
o
Semen = 0.258 x 6.8
(
semen per m3 )
=
2 sak
o
Pasir = 0.258 x 0.54 ( pasir per m3 )
=
0.139 m3
o
Batu
= 0.258 x 0.83 ( batu pecah per m3 )
=
0.214 m3
6.
Plat kanopi
Ø Pengecoran = p x l x t
= 12 x 0.50 x 0.10
=
0.6 m3
Ø Pambesian = 48 m
=
4 lonjor
E-mail :
ricky.ryper@yahoo.com
|
o
Semen = 0.6 x 6.8
(
semen per m3 )
=
4 sak
o
Pasir = 0.6 x 0.54 (
pasir per m3 )
=
0.324 m3
o
Batu
= 0.6 x 0.83 ( batu pecah per m3 )
=
0.498m3
- Plesteran
1.
= Ruang tamu =
k x t
=
8.5 x 4.5
=
38.25 m2
=
Bangunan = k x t
=
52.5 x 4
=
210 m2
=
Bagian atas = p x t
=
6 x 2.74
=
16.44 m2
=
Total = Ruang tamu
+ Bangunan + Bagian atas
=
38.25 + 210 + 16.44
=
264.69 m2
=
3 x 2
=
6 m2
=
3.35 x 2.74
=
9.179 m2
=
1.72 x 1.35
=2.322
m2
=Total
gewel = 6 + 9.179 + 1.322
=
16.501 m2
E-mail :
ricky.ryper@yahoo.com
|
=Total = Dinding + gewel
=
264.69 + 16.501
=
281.191 m2
2.
Plesteran = L dinding x tebal
dinding
= 281.191 x 0.2
=
56.238 m3
o
Semen = 281.191 x 0.19 (semen
per m3 )
=
53 sak
o
Pasir = 281.191 x 0.028 ( pasir per m3 )
=
7.873 m3
- Pekerjaan
lantai
· Luas
lantai per ruang
o Teras
depan =
2.64 x 1.07 = 2.824
=
1.32 x 0.42 = 0.554
= 3.378 m2
o
R.Tamu =
2.65 x 1.99 = 5.273 m2
= 0.36 x
2.27 x 2 = 1.634
=
6.907 m2
o
Kamar utama = 2.77 x 3.35 = 9.279 m2
o
Kamar anak = 2.77 x 2.35 = 6.509 m2
o
R.klwrga + makan = 3.77 x 4.84 =
18.246
= 1.35 x
1 = 1.35
= 0.85 x
2.99 = 2.541
= 0.50 x
0.34 = 0.17
= 0.50 x
0.85 = 0.425
=
22.732 m2
o Dapur
= 2.27 x 2.84 = 6.446
o
WC =
1.85 x 1.27 = 2.349 m2
o
Kamar pembantu = 1.77 x 2.27 = 4.017 m2
E-mail :
ricky.ryper@yahoo.com
|
o
Teras belakang = 0.32 x 1.85 = 0.592
= 1.43 x
2.35 = 3.337
=
3.929 m2
- Pekerjaan
kramik
· Luas
lantai per ruang
o Teras
depan =
2.64 x 1.07 = 2.824
=
1.32 x 0.42 = 0.554
=
3.378 m2
Ø
Kramik
40 x 40 = 3.378 x 6 ( jumlah kramik per m2)
=
21 kramik
o
R.Tamu = 2.65 x 1.99 = 5.273 m2
=
0.36 x 2.27 x 2 = 1.634
=
6.907 m2
Ø
Kramik
40 x 40 = 6.907 x 6 ( jumlah kramik per m2)
= 42
kramik
o
Kamar utama = 2.77 x 3.35 = 9.279 m2
Ø
Kramik
40 x 40 = 9.279 x 6 ( jumlah kramik per m2)
= 56
kramik
o
Kamar anak = 2.77 x 2.35 =
6.509 m2
Ø
Kramik
40 x 40 = 6.509 x 6 ( jumlah kramik per m2)
= 40
kramik
E-mail :
ricky.ryper@yahoo.com
|
o
R.klwrga + makan = 3.77 x 4.84 =
18.246
= 1.35 x
1 = 1.35
= 0.85 x
2.99 = 2.541
= 0.50 x
0.34 = 0.17
= 0.50 x
0.85 = 0.425
=
22.732 m2
Ø
Kramik
40 x40 = 22.732 x 6 ( jumlah kramik per m2)
= 137
kramik
o
Dapur =
2.27 x 2.84 = 6.446 m2
Ø
Kramik
40 x 40 = 6.446 x 6 (
jumlah kramik per m2)
= 39
kramik
o
WC =
1.85 x 1.27 = 2.349 m2
Ø
Kramik
20 x 20 = 2.349 x 25 ( jumlah kramik per m2)
= 60
kramik
o
Kamar pembantu = 1.77 x 2.27 = 4.017 m2
Ø
Kramik
40 x 40 = 4.017 x 6 (
jumlah kramik per m2)
= 25
kramik
o
Teras belakang = 0.32 x 1.85 = 0.592
= 1.43 x
2.35 = 3.337
=
3.929 m2
Ø
Kramik
40 x 40 = 3.929 x 6 (
jumlah kramik per m2)
= 24
kramik
Lampiran
1.
Pertemuan ke-1
(Materi Dribble)
|
||||||||
No.
|
Langkah-langkah
|
Indikator
|
Waktu
|
|||||
1.
|
Materi inti :
X X
X X X
X X X
X X
X X X
X X X
X X
X X X
X X X
Materi 1
X X X X X X
X X X X X X
Materi 2
X X X X X X
Materi 3
X
X X X X
X
Materi 4
Materi 5
|
1. Memberi penjelasan akan materi yang akan dipelajari
kepada siswa
Materi 1
1. Siswa dibagi menjadi 2 kelompok
2. Siswa yang berada di depan sendiri memegang bola
3. Kemudian siswa melakukan dribble
di tempat.
4. Setelah mendengar peluit siswa
berhenti melakukanya dan diganti
orang yang ada di belakangnya.
5. Dilakukan secara berurutan
Materi 2
1. Siswa dibagi menjadi 2 kelompok
2. Siswa yang berada di depan sendiri
memegang bola
3. Kemudian siswa melakukan dribble maju
sampai ke kelompok depannya dan
bribling zig-zag sampai kembali ke baris depan sendiri.
5. Kemudian dilanjutkan dengan siswa yang ditempati dari siswa
yang baru drible
6. Dilakukan secara berurutan kebelakang
Materi 3
1. Siswa dibagi menjadi 1 kelompok
2. Peserta paling belakang memulai drible zig-zag
kedepan kembali zig-zag kebelakang sampai ketempat semula.
3. Kemudian diteruskan depannya zig-zag sampaii
menempati tempatnya semula.
4. Setiap anak melewatisemua anggotanya saat melakukan
zig-zag.
1. Siswa dibagi menjadi 2 kelompok
2. Kelompok 1 lapangan bagian kanan dan yang satu
bagian kiri
3. Setiap kelompok melakukan lay up dengan langkah
yang diajarkan
1. Siswa dibagi menjadi 2 kelompok
2. Siswa melakukan drible ke tengah lapangan melewati
kun kemudian drible menuju ke ring dan melakukan lay up
3. Dilakukan secara bergantian
|
10 menit
45 menit
|
|||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar