Jumat, 06 November 2015

Pendidikan Rekreasi

DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL................................................................................   i
KATA PENGANTA....................................................................................   ii
DAFTAR ISI................................................................................................   1
BAB I. PENDAHULUAN
I.1 LATAR BELAKANG.............................................................................   2
I.2 TUJUAN................................................................................................. . 2
I.3 METODE PEULISAN............................................................................   2
BAB II. PEMBAHASAN
II.1 PENGAMBANGAN REKREASI DALAM PENDIDIKAN.................   3
II.2 KEGIATAN YANG DILAKUKAN......................................................   3
A.    JENIS KEGIATAN..........................................................................   3
B.    NAMA KEGIATAN........................................................................   4
C.    TUJUAN KEGIATAN.....................................................................   4
D.    PROSEDUR KEGIATAN................................................................   4
E.     SARANA PRASARANA.................................................................   5
F.     LAY OUT........................................................................................   5
BAB III. PENUTUP
III.1KESIMPULAN .................................................................................... . 6
III.2 SARAN................................................................................................   6
III. DAFTAR PUSTAKA............................................................................   7




BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
                
Pendidikan adalah salah satu segi kehidupan yang dipengaruhi oleh ideologi, pandangan dunia, atau filsafat tertentu. Berbeda aliran yang dianut maka akan berbeda pula corak dan pendekatan pendidikan yang dipakai. Dalam hal ini penulis akan  mengedepankan satu diantara banyak aliran filsafat, yaitu aliran pragmatisme yang cukup mempengaruhi pola pendidikan, khususnya pendidikan jasmani dan olahraga.
Rekreasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk penyegaran kembali jasmani dan rohani seseorang. Hal ini adalah sebuah aktivitas yang dilakukan seseorang selain pekerjaan. Kegiatan yang umum dilakukan untuk rekreasi adalah pariwisata, olah-raga, permainan, dan hobi. Secara umum rekreasi dapat dibedakan dalam dua  golongan besar, yaitu rekreasi pada tempat tertutup {indoor recreation) dan rekreasi dialam terbuka {outdoor recreation). Kamus Web stermen definisi kanrekreasi sebagai "sarana untuk menyegarkan kembali atau hiburan".

I.2 Tujuan
Pendidikan rekreasi ini bertujuan sebagai sarana siswa dalam mengembalikan semangat siswa dalam melakukan pembelajaran yang akan diikuti selanjutnya. Dalam kegiatan rekreasi ini juga bertujuan sebagai suatu pembelajaran pembentukan karekter, kerjasama, kepedulian terhadap lingkungan.
I.4 Metode penulisan
Dalam pembuatan makalah ini kami menggunakan metode membaca artikel dan brouwsing internet yang berkaitan denga penulisan makalah ini.




BAB II
PEMBAHASAN

II.1 Perkembangan Rekreasi dalam pendidikan
              Perkembangan olahraga rekreasi, terutama dalam bentuk aktivitas jasmani untuk memperoleh kesenangan, keriangan, ataupun kenikmatan berpartisipasi diberbagai wahana wisata sangat didorong oleh tekanan ekonomi, social budaya, teknologi, dan gaya hidup. Olahraga rekreasi atau aktivitas jasmani yang tidak formal, tidak dikendalikan aturan dan bukan kompetisi yang banyak diselenggarakan diarea-area wisata. Hal ini terjadi seiring dengan makin berkurangnya sarana public dipusat-pusat kota, sebagai akibat dari tingginya ledakan penduduk didaerah perkotaan.
              Dalam pendidikan rekreasi merupakan pendidikan yang memperlajari ilmu yang berhubungan dengan alam. Pendidikan rekreasi ada berbagai macam kegiatan, antara lain kegiatan wisata bahari, wisata wisata alam, wisata

II.2 Kegiatan Yang Akan Dilakukan Pada Anak Usia Sekolah Menengah

A.    Jenis kegiatan
Jenis kegiatan yang akan dilakukan pada Sekolah Menegan Pertama adalah: Kegiatan Outbond
Kegiatan ini Bertema : Lingkungan Sehat Berawal dari Masyarakat

Outbond merupakan kegiatan yang dapat melatih anak usia SMP yang cenderung mempunyai emosional yang kurang stabil. Dari kegiatan ini nantinya dapat melatih emosianal anak terhadap kebersamaan, kekompakan, kepedulian pada lingkungan, dll. Dalam kegiatan ini nantinya dibagi beberapa kegiatan dan game untuk menantang anak SMP tersebut dalam melakukan kegiatan.


B.    Nama Kegiatan
1.     Kegiatan inti                         : Menyisir Arus Sungai
2.     Kegiatan Penutup     : Game Sampah Kita
C.    Tujuan Kegiatan
1.     Kegiatan Inti
a.     Kegiatan ini bertujuan melatih siswa peduli lingkungan
b.     Melatih siswa peduli pada sampah
c.      Melatih siswa kerjasama
d.     Melatih sisiwa bertanggung jawab pembagian tugas
e.     Melatih kesabaran siswa terhadap emosionalnya
f.      Untuk fisik melatih daya tahan dengan melawan arus.
2.     Kegiatan Penutup
a.     Melatih kerja sama siswa
b.     Bertanggung jawab
c.      Melatih kekompakan
d.     Untuk fisik melatih kekuatan

D.    Prosedur Kegiatan
1.     Kegiatan Inti
a.     Dalam suatu kegiatan, siswa dibagi beberapa kelompok
b.     Setiap kelompok terdiri dari 4 anak
c.      Digaris start siswa (kelompok) dibagi perlengkapan untuk mengikuti rute arus
d.     Siswa (kelompok) bertugas mengambil sampah yang berada disetiap aliran sungai
e.     Disetiap rute tugas masing masing individu bergantian
f.      Untuk menghindari kecurangan setiap kelompok berlomba banyak-banyakan sampah
g.     Digaris finish sampah dikumpulkan disetiap kelompok di tepi sungai.


2.     Kegiatan Penutup
a.     Sampah yang sudah dikumpulkan ditepi sungai, setiap kelompok dilakukan pengemasan sekreatif mungkin sampah yang didapat
b.     Untuk pengakatan sampah di atas sungai/daratan, siswa sekreatif mungkin dengan cara masing masing dan tidak menghilangkan kekompakan setiap kelompok.
c.      Setelah sampah sudah diangkat didarat, setiap kelompak bertanggung jawab atas anggotanya saat naik kedaratan
d.     Kelompok yang pertama anggotanya lengkap, kelompok itu dianggap pemenang.

E.    Sarana dan Prasarana
1.     Kegiatan Inti
a.     Ban dalam truk
b.     Tali-temali
c.      Karung
2.     Kegiatan Penutup
a.     Tali-temali
b.     Pengemasan sampah yang didapat disekitas tepi sungai
c.      Alat lain yang mendukung disetiap kelompok yang didapat disekitar tepi sungai.










F.     Lay Out

KETERANGAN :
1.     Siswa menyisiri sungai dengan di tandai angka 2. 1 kelompok terdiri dari 3 anak.
2.     Setap kelompok disuruh mengambil sampah yang ada pada sekitar sungai.
3.     Setiap kelompok dibekali tali dan ban dalam truk dan atasnya dibri tempat sampah dengan tanda angka 1.


KETERANGAN :
1.      TEPI SUNGAI
2.      SUNGAI
3.      ANGGOTA KELOMPOK
KETERANGAN :
1.     Setelah siswa melewati rute yang ditentukan setiap kelompok bertanggung  jawab atas sampah yang dikumpulkan.
2.     Setelah terkumpul setiap kelompok mengemas sampah sekreatif mungkin
3.     Setelah selesai setiap kelompok bekerjasama untuk naik keatas







G.    
BAB III
PENUTUP
III.1 Kesimpulan kelompok
Pendidikan rekreasi adlah kegiatan yang bertujuan untuk lingkungan dan diri sendiri yang berupa kepribadian diri terhadap lingkungan. Didalam setiap kegiatan rekreaasi tidak hanya bersenang-senang semata, melainkan tanpa menghilangkan tujuan yang akan dicapai yang bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat. Pendidikan rekreasi selain hubungan diri sendiri dengan lingkungan juga terdapa hubungan antara diri sendiri dan orang lain yaitu melatih kekompakan, kerjasama, dan tanggung jawab atas tugas yang diamanahkan.
III.2 Saran
Dengan membaca dan memahami kegiatan ini semoga dapat menjadi suatu tambahan pengetahuan bagi pembaca tentang pendidikan rekreasi pada anak usian sekolah menengah pertama. Semoga dengan membaca ini nantinya kita tambah peduli dengan lingkungan dan kekompakan antar teman.








Daftar Pustaka
Prasetiyo Yudik M.Pd. UNY 2012. Pembentukan karekter anak menggunakan pengembangan rekreasi. Yogyakarta
Situmorang Andi Suntoda. UPIB 2009. Implikasi Aliran Filsafat Pragmatisme Di Bidang Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Bandung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar