DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL................................................................................ i
KATA
PENGANTA.................................................................................... ii
DAFTAR
ISI................................................................................................ 1
BAB I. PENDAHULUAN
I.1
LATAR BELAKANG............................................................................. 2
I.2
TUJUAN................................................................................................. . 2
I.3
METODE PEULISAN............................................................................ 2
BAB II. PEMBAHASAN
II.1 PENGAMBANGAN REKREASI DALAM PENDIDIKAN................. 3
II.2 KEGIATAN
YANG DILAKUKAN...................................................... 3
A.
JENIS KEGIATAN.......................................................................... 3
B.
NAMA
KEGIATAN........................................................................ 4
C.
TUJUAN
KEGIATAN..................................................................... 4
D.
PROSEDUR
KEGIATAN................................................................ 4
E.
SARANA
PRASARANA................................................................. 5
F.
LAY
OUT........................................................................................ 5
BAB III. PENUTUP
III.1KESIMPULAN
.................................................................................... . 6
III.2
SARAN................................................................................................ 6
III.
DAFTAR PUSTAKA............................................................................ 7
BAB I
PENDAHULUAN
I.1
Latar Belakang
Pendidikan adalah salah satu segi kehidupan yang dipengaruhi
oleh ideologi, pandangan dunia, atau filsafat tertentu. Berbeda aliran yang
dianut maka akan berbeda pula corak dan pendekatan pendidikan yang dipakai.
Dalam hal ini penulis akan mengedepankan
satu diantara banyak aliran filsafat, yaitu aliran pragmatisme yang cukup
mempengaruhi pola pendidikan, khususnya pendidikan jasmani dan olahraga.
Rekreasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk penyegaran
kembali jasmani dan rohani seseorang. Hal ini adalah sebuah aktivitas yang
dilakukan seseorang selain pekerjaan. Kegiatan yang umum dilakukan untuk
rekreasi adalah pariwisata, olah-raga, permainan, dan hobi. Secara umum
rekreasi dapat dibedakan dalam dua
golongan besar, yaitu rekreasi pada tempat tertutup {indoor recreation)
dan rekreasi dialam terbuka {outdoor recreation). Kamus Web stermen definisi
kanrekreasi sebagai "sarana untuk menyegarkan kembali atau hiburan".
I.2
Tujuan
Pendidikan
rekreasi ini bertujuan sebagai sarana siswa dalam mengembalikan semangat siswa
dalam melakukan pembelajaran yang akan diikuti selanjutnya. Dalam kegiatan
rekreasi ini juga bertujuan sebagai suatu pembelajaran pembentukan karekter,
kerjasama, kepedulian terhadap lingkungan.
I.4
Metode penulisan
Dalam
pembuatan makalah ini kami menggunakan metode membaca artikel dan brouwsing
internet yang berkaitan denga penulisan makalah ini.
BAB II
PEMBAHASAN
II.1
Perkembangan Rekreasi dalam pendidikan
Perkembangan olahraga rekreasi, terutama
dalam bentuk aktivitas jasmani untuk memperoleh kesenangan, keriangan, ataupun kenikmatan
berpartisipasi diberbagai wahana wisata sangat didorong oleh tekanan ekonomi,
social budaya, teknologi, dan gaya hidup. Olahraga rekreasi atau aktivitas
jasmani yang tidak formal, tidak dikendalikan aturan dan bukan kompetisi yang
banyak diselenggarakan diarea-area wisata. Hal ini terjadi seiring dengan makin
berkurangnya sarana public dipusat-pusat kota, sebagai akibat dari tingginya ledakan
penduduk didaerah perkotaan.
Dalam pendidikan rekreasi
merupakan pendidikan yang memperlajari ilmu yang berhubungan dengan alam.
Pendidikan rekreasi ada berbagai macam kegiatan, antara lain kegiatan wisata
bahari, wisata wisata alam, wisata
II.2 Kegiatan Yang Akan Dilakukan
Pada Anak Usia Sekolah Menengah
A. Jenis
kegiatan
Jenis kegiatan yang akan dilakukan pada Sekolah Menegan
Pertama adalah: Kegiatan Outbond
Kegiatan ini Bertema : Lingkungan
Sehat Berawal dari Masyarakat
Outbond merupakan kegiatan yang dapat melatih anak usia SMP yang
cenderung mempunyai emosional yang kurang stabil. Dari kegiatan ini nantinya
dapat melatih emosianal anak terhadap kebersamaan, kekompakan, kepedulian pada
lingkungan, dll. Dalam kegiatan ini nantinya dibagi beberapa kegiatan dan game
untuk menantang anak SMP tersebut dalam melakukan kegiatan.
B. Nama
Kegiatan
1.
Kegiatan
inti : Menyisir
Arus Sungai
2.
Kegiatan
Penutup : Game Sampah Kita
C. Tujuan
Kegiatan
1. Kegiatan Inti
a. Kegiatan ini bertujuan melatih siswa
peduli lingkungan
b. Melatih siswa peduli pada sampah
c. Melatih siswa kerjasama
d. Melatih sisiwa bertanggung jawab
pembagian tugas
e. Melatih kesabaran siswa terhadap
emosionalnya
f. Untuk fisik melatih daya tahan
dengan melawan arus.
2. Kegiatan Penutup
a. Melatih kerja sama siswa
b. Bertanggung jawab
c. Melatih kekompakan
d. Untuk fisik melatih kekuatan
D. Prosedur
Kegiatan
1. Kegiatan Inti
a. Dalam suatu kegiatan, siswa dibagi
beberapa kelompok
b. Setiap kelompok terdiri dari 4 anak
c. Digaris start siswa (kelompok)
dibagi perlengkapan untuk mengikuti rute arus
d. Siswa (kelompok) bertugas mengambil
sampah yang berada disetiap aliran sungai
e. Disetiap rute tugas masing masing
individu bergantian
f. Untuk menghindari kecurangan setiap
kelompok berlomba banyak-banyakan sampah
g. Digaris finish sampah dikumpulkan
disetiap kelompok di tepi sungai.
2. Kegiatan Penutup
a. Sampah yang sudah dikumpulkan ditepi
sungai, setiap kelompok dilakukan pengemasan sekreatif mungkin sampah yang
didapat
b. Untuk pengakatan sampah di atas
sungai/daratan, siswa sekreatif mungkin dengan cara masing masing dan tidak
menghilangkan kekompakan setiap kelompok.
c. Setelah sampah sudah diangkat
didarat, setiap kelompak bertanggung jawab atas anggotanya saat naik kedaratan
d. Kelompok yang pertama anggotanya
lengkap, kelompok itu dianggap pemenang.
E. Sarana
dan Prasarana
1. Kegiatan Inti
a. Ban dalam truk
b. Tali-temali
c. Karung
2. Kegiatan Penutup
a. Tali-temali
b. Pengemasan sampah yang didapat
disekitas tepi sungai
c. Alat lain yang mendukung disetiap
kelompok yang didapat disekitar tepi sungai.
F.
Lay Out
KETERANGAN :
1.
Siswa
menyisiri sungai dengan di tandai angka 2.
1 kelompok terdiri dari 3 anak.
2.
Setap
kelompok disuruh mengambil sampah yang ada pada sekitar sungai.
3.
Setiap
kelompok dibekali tali dan ban dalam truk dan atasnya dibri tempat sampah
dengan tanda angka 1.
KETERANGAN :
1. TEPI
SUNGAI
2. SUNGAI
3.
ANGGOTA KELOMPOK
|
1.
Setelah
siswa melewati rute yang ditentukan setiap kelompok bertanggung jawab atas sampah yang dikumpulkan.
2.
Setelah
terkumpul setiap kelompok mengemas sampah sekreatif mungkin
3.
Setelah
selesai setiap kelompok bekerjasama untuk naik keatas
G.
BAB III
PENUTUP
III.1
Kesimpulan kelompok
Pendidikan rekreasi adlah kegiatan yang bertujuan
untuk lingkungan dan diri sendiri yang berupa kepribadian diri terhadap
lingkungan. Didalam setiap kegiatan rekreaasi tidak hanya bersenang-senang
semata, melainkan tanpa menghilangkan tujuan yang akan dicapai yang bermanfaat
untuk lingkungan dan masyarakat. Pendidikan rekreasi selain hubungan diri
sendiri dengan lingkungan juga terdapa hubungan antara diri sendiri dan orang
lain yaitu melatih kekompakan, kerjasama, dan tanggung jawab atas tugas yang
diamanahkan.
III.2 Saran
Dengan membaca dan memahami kegiatan ini semoga
dapat menjadi suatu tambahan pengetahuan bagi pembaca tentang pendidikan rekreasi
pada anak usian sekolah menengah pertama. Semoga dengan membaca ini nantinya
kita tambah peduli dengan lingkungan dan kekompakan antar teman.
Daftar Pustaka
Prasetiyo Yudik
M.Pd. UNY 2012. Pembentukan karekter anak
menggunakan pengembangan rekreasi. Yogyakarta
Situmorang
Andi Suntoda. UPIB 2009. Implikasi Aliran
Filsafat Pragmatisme Di Bidang Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Bandung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar