Jumat, 06 November 2015

Pendidikan Jasmani Adaptif

DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL............................................................................................................. i
KATA PENGANTA................................................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................................. 1
BAB I. PENDAHULUAN
I.1 LATAR BELAKANG......................................................................................................... 2
I.2MASALAH / TOPIK............................................................................................................ 2
I.3TUJUAN............................................................................................................................... 2
I.4METODE PEULISAN.......................................................................................................... 2
BAB II. PEMBAHASAN
II.1 PENGERTIAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF....................................................... 3
II.2 HUBUNGAN OLAHAGA PENDIDIKAN DAN OLAHRAGA ADAPTIF...................... 3
II.3 CIRI DARI PROGRAM PENGAJARAN PENJAS ADAPTIF............................................................................................................................................... 3
II.4 MODIFIKASI DALAM PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF............................................................................................................................................... 4
II.5 TUJUAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF................................................................ 5

BAB III. PENUTUP
III.1KESIMPULAN ................................................................................................................. 6
III.2 SARAN............................................................................................................................. 6
III. DAFTAR PUSTAKA............................................................................................................................................... 7




BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
                
      Pembelajaran pada dasarnya adalah suatu proses terjadinya interaksi antara guru dengan siswa seperti yang dikemukakan Sagala (2006:61) bahwa: “Pembelajaran merupakan komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik atau murid”. Kendala yang sering di jumpai oleh para pengajar adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, kondisi siswa yang kurang memungkinkan, dll.
Maksud dari siswa yang kurang memungkinkan keadaannya adalah siswa-siswa yang mempunyai kelainan atau cacat sehingga perlu penanganan khusus dibandingkan menangani siswa yang normal. Dalam pendidikan jasmani penanganan untuk anak-anak yang mempunnyai kelainan atau cacat biasa disebut dengan pendidikan jasmani adaptif atau pendidikan jasmani yang disesuaikan.
I.2  Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah yaitu: Apa yang dimaksud dengan pendidikan jasmani adaptif, hubungan dan cara penerapannya?
I.3 Tujuan
Tujuan dari analisis tentang pendidikan jasmani adaptif adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan jasmani adaptif itu dilaksanakan di dalam pembelajaran.
I.4 Metode penulisan
Dalam pembuatan makalah ini kami menggunakan metode membaca artikel dan brouwsing internet yang berkaitan denga penulisan makalah ini.




BAB II
PEMBAHASAN

II.1 Pengertian Pendidikan Jasmani Adaptif
                Pendidikan jasmani adaptif merupakan suatu sistem penyampaian layanan yang bersifat menyeluruh (comprehensif) dan dirancang untuk mengetahui, menemukan dan memecahkan masalah dalam ranah psikomotor. Hampir semua jenis ketunaan Anak Luar Biasa memiliki masalah dalam ranah psikomotor. Masalah psikomotor sebagai akibat dari keterbatasan kemampuan sensomotorik, keterbatasan dalam kemampuan belajar. Sebagian Anak Luar Biasa bermasalah dalam interaksi sosial dan tingkah laku. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa peranan pendidikan jasmani bagi Anak Berkebutuhan Khusus

II.2  Hubungan Olahaga Pendidikan dan Olahraga Adaptif
1.     Olahraga sebagai alat pendidikan manusia seutuhnya.
2.     Tiap-tiap individu memiliki perkembangan yang berbeda termasuk yang cacat
3.     Individu berbeda dan kebutuhan berbeda
4.     Olahraga untuk meningkatkan fungsi organ anak orag cacat

II.3  Ciri dari program pengajaran penjas adaptif
Sifat program pengajaran pendidikan jasmani adaptif memiliki ciri khusus yang menyebabkan nama pendidikan jasmani ditambah dengan kata adaptif. Adapun ciri tersebut adalah:
Ø  Program Pengajaran Penjas adaptif disesuaikan dengan jenis dan karakteristik kelainan siswa. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada siswa yang berkelainan berpartisipasi dengan aman, sukses, dan memperoleh kepuasan. Misalnya bagi siswa yang memakai kursi roda satu tim dengan yang normal dalam bermain basket, ia akan dapat berpartisipasi dengan sukses dalam kegiatan tersebut bila aturan yang dikenakan kepada siswa yang berkursi roda dimodifikasi. Demikian dengan olahraga lainnya. Oleh karena itu pendidikan jasmani adaptif akan dapat membantu dan menolong siswa memahami keterbatasan kemampuan jasmani dan mentalnya.
Ø  Program Pengajaran Penjas adaptif harus dapat membantu dan mengkoreksi kelainan yang disandang oleh siswa. Kelainan pada Anak Luar Biasa bisa terjadi pada kelainan fungsi postur, sikap tubuh dan pada mekanika tubuh. Untuk itu, program pengajaran pendidikan jasmani adaptif harus dapat membantu siswa melindungi diri sendiri dari kondisi yang memperburuk keadaannya.

Ø  Program Pengajaran Penjas adaptif harus dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan jasmani individu ABK. Untuk itu pendidikan jasmani adaptif mengacu pada suatu program kesegaran jasmani yang progresif, selalu berkembang dan atau latihan otot-otot besar. Dengan demikian tingkat perkembangan ABK akan dapat mendekati tingkat kemampuan teman sebayanya. Apabila program pendidikan jasmani adaptif dapat mewujudkan hal tersebut diatas, maka pendidikan jasmani adaptif dapat membantu siswa melakukan penyesuaian sosial dan mengembangkan perasaan siswa memiliki harga diri. Perasaan ini akan dapat membawa siswa berperilaku dan bersikap sebagai subyek bukan sebagai obyek dilingkungannya.
II.4 Modifikasi dalam Pendidikan Jasmani Adaptif
Bila dilihat masalah dari kelainannya, jenis ABK dikelompokkan menjadi:
· ABK yang memilik masalah dalam sensoris
· ABK yang memiki masalah dalam gerak dan motoriknya
· ABK yang memiliki masalah dalam belajar
· ABK yang memiliki masalah dalam tingkah laku
Dari masalah yang disandang dan karakteristik setiap jenis ABK maka menuntut adanya penyesuaian dan modifikasi dalam pengajaran Pendidikan Jasmani bagi ABK. Penyesuaian dan modifikasi dari pengajaran penjas bagi ABK dapat terjadi pada:
1. Modifikasi aturan main dari aktivitas pendidikan jasmani.
2.Modifikasi keterampilan dan tekniknya.
3.Modifikasi teknik mengajarnya.
4.Modifikasi lingkungannya termasuk ruang, fasilitas dan peralatannya.
Seorang ABK yang satu dengan yang lain, kebutuhan aspek yang dimodifikasi tidak sama. ABK yang satu mungkin membutuhkan modifikasi tempat dan arena bermainnya. ABK yang lain mungkin membutuhkan modifikasi alat yang dipakai dalam kegiatan teraebut. Tetapi mungkin yang lain lagi disamping membutuhkan modifikasi area bermainnya juga butuh modifikasi alat dan aturan mainnya. Demikian pula seterusnya, tergantung dari jenis masalah, tingkat kemampuan dan karakteristik dan kebutuhan pengajaran dari setiap jenis ABK.

II.5  Tujuan Pendidikan Jasmani Adaptif
Sebagaimana dijelaskan diatas betapa besar dan strategisnya peran pendidikan jasmani adaptif dalam mewujudkan tujuan pendidikan bagi ABK, maka Prof. Arma Abdoellah, M.Sc. dalam buku yang berjudul “Pendidikan Jasmani Adaptif” memerinci tujuan pendididkan jasmani adaptif bagi ABK sebagai berikut:
  1. Untuk menolong siswa mengkoreksi kondisi yang dapat diperbaiki.
  2. Untuk membantu siswa melindungi diri sendiri dari kondisi apapun yang memperburuk keadaannya melalui Penjas tertentu.
  3. Untuk memberikan kesempatan pada siswa mempelajari dan berpartisipasi dalam sejumlah macam olahraga dan aktivitas jasmani, waktu luang yang bersifat rekreasi.
  4. Untuk menolong siswa memahami keterbatasan kemampuan jasmani dan mentalnya.
5. Untuk membantu siswa melakukan penyesuaian sosial dan mengembangkan perasaan memiliki harga diri.
6. Untuk membantu siswa dalam mengembangkan pengetahuan dan apresiasi terhadap mekanika tubuh yang baik.







BAB III
PENUTUP
III.1 Kesimpulan kelompok
Pendidikan jasmani adaptif merupakan suatu sistem penyampaian layanan yang bersifat menyeluruh (comprehensif) dan dirancang untuk mengetahui, menemukan dan memecahkan masalah dalam ranah psikomotor. Dalam pendidikan jasmani penanganan untuk anak-anak yang mempunnyai kelainan atau cacat biasa disebut dengan pendidikan jasmani adaptif atau pendidikan jasmani yang disesuaikan. Sifat program pengajaran pendidikan jasmani adaptif memiliki ciri khusus yang menyebabkan nama pendidikan jasmani ditambah dengan kata adaptif
III.2 Saran
                   Dengan membaca dan memahami makalah ini semoga dapat menjadi suatu tambahan pengetahuan bagi pembaca tentang pendidikan jasmani dan olahraga adaptif. Semoga dengan membaca ini nantinya kita tambah peduli dengan orang yang berkebutuhan kusus dan dapat suatu pembelajaran selayaknya orang normal. Karena sangat pentingnya pendidikan jasmani adaptif khususnya bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), maka para pengajar atau guru yang bersangkutan harus lebih kreatif lagi, sehingga prestasi dan tingkat kebugaran Anak Berkebutuhan Khusus dapat setara dengan anak-anak yang normal








Daftar Pustaka

Asim. 1998. Pendidikan Jasmani Adaptif untuk Anak Tuna Grahita. Malang IKIP Malang

Effendi, M. 2001. Pendidikan Jamani Anak Berkelainan. Malang :UM.

Fait, Hollis F.& Dunn, John M. 1984. Special Physical Education. California:CBS College Publishing.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar