Jumat, 06 November 2015

RPP Lompat Jauh SMA

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan               : SMA N 10 Malang
Kelas / semester                  : XI / 1
Mata Pelajaran                    : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Topik                                   : -
Pertemuan                            : 1 (satu)
Alokasi Waktu                     : 3 x 45 menit
 


A. Kompetensi Inti
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangasaan, kenegaraan, dan beradaban terakait penyebab fenomena den kejadian, serta menerapkan pengetahua procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kompetensi Dasar
Indikator Kompetensi
1
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.

1.    Siswa dapat bertanggung jawab dengan kegiatan awal seperti berdo’a, dan memimpin streaching.
2.    Siswa dapat bekerjasama dengan teman sejawat
3.    Siswa bertanggung jawab atas sarana dan prassarana yeng telah dipakai
2
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.

4.    Mengembalikan alat-alat ke tempatnya setelah menggunakan.
5.    Berhati-hati dalam melakukan aktivitas gerak.
6.    Bersemangat dalam melaksanakan aktivitas.
3
3.1 Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar).

7.    Menjelaskan teknik awalan.
8.    Menjelaskan teknik tumpuan.
9.    Menjelaskan teknik gerakan saat di udara.
10. Menjelaskan teknik mendarat.
4
4.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) menekankan gerak dasar fundamentalnya.

11. Mempraktikkan teknik awalan.
12. Mempraktikkan teknik tumpuan.
13. Mempraktikkan teknik jongkok saat di udara.
14. Mempraktikkan teknik mendarat dengan kedua kaki.
C. Tujuan Pembelajaran
1.     Siswa  terlibat aktif dalam proses pembelajaran
2.     Siswa mengetahui garis besar dari lompat jauh
3.     Siswa mampu melakukan teknik dasar dari lompat jauh
D.    Materi Ajar :           
Atletik (Lompat jauh)
Lompat jauh termasuk dalam salah satu cabang atletik untuk nomor lompat. Lompat jauh ini adalah olahraga yang menggabungkan kecepatan (speed), kekuatan (stenght), kelenturan (flexibility), daya tahan (endurance), dan ketepatan (acuration) dalam upaya untuk memperoleh jarak lompatan sejauh-jauhnya. Para peneliti membuktikan bahwa suatu prestasi atletik lompat jauh bergantung pada kecepatan daripada awalan atau ancang-ancang. Oleh karena itu, di samping memiliki kemampuan sprint yang baik juga harus didukung dengan kemampuan dari tolakan kaki atau tumpuan.
Dalam lompat jauh, ada beberapa gaya yang biasa diperagakan para pelompat, di antaranya gaya jongkok, gaya menggantung atau gaya lenting, dan gaya jalan di udara. Dalam hal melakukan teknik lompat jauh, seperti awalan, menumpu, melayang, dan mendarat, ketiga gaya ini pada prinsipnya sama saja. Namun, perbedaan dari ketiga gaya ini dapat dilihat dari kondisi sikap tubuh pelompat pada saat melayang di udara.
E.    Metode Pembelajaran :

Pendekatan                 : Scientific
Strategi                       : Cooperative Learning
Teknik                         : Example Non Example
Metode                        : Memberi contoh, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, dan
Ceramah

F.  Langkah-Langkan Pembelajaran
Tahapan
Kegiatan
Waktu
A. Pendahuluan
Ø  Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran
Ø  Melakukan streacing


B. Kegiatan Inti
Mengamati
Ø  Mencari dan membaca informasi tentang  variasi dan kombinasi teknik perlombaan lompat jauh gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan membuat catatan/laporan, dan
Ø  Peserta didik mengamati perlombaan lompat jauh gaya berjalan di udara secara langsung dan atau di TV/video dan membuat catatan tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat), atau
Ø  Peserta didik mengamati tentang  variasi dan kombinasi teknik lompat jauh gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) yang diperagakan oleh guru atau salah satu perserta didik yang mampu dan membuat catatan hasil pengamatan.

Menanya
Ø Peserta didik secara bergantian saling bertanya tentang variasi dan kombinasi teknik lompat jauh gaya menggantung di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat)   misalnya : apakah teknik tumpuan mempengaruhi kemampuan melompat, apakah jauhnya awalan mempengaruhi tingginya lompatan, apakah terdapat perbedaan   apabila menggunakan pendekatan yang berbeda.
Ø Peserta didik saling bertanya tentang manfaat olahraga cabang atletik lompat jauh terhadap kesehatan
Ø Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam olahraga cabang atletik lompat jauh
Ø Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan olahraga cabang atletik lompat jauh
Eksplorasi
Ø Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan/ancang-ancang lompat jauh gaya berjalan di udara secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
Ø Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan tumpuan lompat jauh gaya berjalan di udara secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
Ø Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan saat melayang di udara lompat jauh gaya berjalan di udara secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
Ø Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan mendarat lompat jauh gaya berjalan di udara secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
Ø Mendiskusikan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat juah gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan benar dan membuat laporan hasil diskusi secara berkelompok.
Ø Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat juah gaya berjalan di udara (awalan/ ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Ø Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat juah gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan benar dan membuat  kesimpulannya.

Mengasosiasi
Ø Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi olahraga atletik lompat jauh gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat).

Mengkomunikasikan
Ø Melakukan perlombaan lompat jauh menggunakan gaya berjalan di udara dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung-jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.

C.  Penutup

Ø  Untuk meminimalisir cidera dianjurkan siswa melakukan stretcink, berhati-hati dalam melakukan olahraga, saat pendaratan tumpuan harus benar dll.
Ø  Pemberian evaluasi  dan tanya jawab atas pembelajara yang berlangsung.
Ø  Pemberian tugas individu atau kelompok
Ø  Pendinginan, berbaris, berdoa, salam dan berjabat tangan dengan guru.


G.   Penilaian
1.     Tehnik penilaian :
a.     Tes unjuk kerja ( psikomotor)
-        Tes senam meliputi gerakan melayang diudara rentang nilai 1-4
-        Skor maksimal 4 apabila memenuhi aspek awalan, tumpuan, gaya diudara, dan hasil gerakan.
.
                            skor yang diperoleh
Nilai             =                                                X 50%
                            skor maksimal
b.     Pengamatan sikap ( afeksi)
-        Sportifitas, antusias, kedisiplinan, kerapihan, inisiatif.
-        Berikan tanda chek (P ) pada kolom yang disediakan, setiap chek skor 1
                            skor yang diperoleh
Nilai             =                                                X 30%
                            skor maksimal


c.      Kuis atau kognisi
-        Mengetahui tentang teknik-teknik dasar melayang diudara pada lompat jauh.
-        Dengan memberikan soal tulis untuk ngengetahui pengetahuan siswa tentang lompat jauh gaya melayang diudara.
                            skor yang diperoleh
Nilai             =                                                X 20%
                            skor maksimal
2.     Rubrik Penilaian
a.     Ranah Psikomotor
No
Aspek yang dinilai
Centang
1.
Siswa dapat melakukan awalan lompat jauh

2.
Siswa dapat melakukan tumpuan pada gerak jauh

3.
Siswa dapat melakukan gaya melayang pada lompat jauh

4..
Hasil lompatan


Jumlah


Skor maksimal = 4


Nilai unjuk kerja =




b.     Ranah Kogntif
No
Aspek yang dinilai
Kualitas Jawaban
1
2
3
4
1.
Bagaimana proses dalam lompat jauh gaya diudara?




2.
Bagaimana posisi tumpuan pada akan melakukan lompatan?




3.
Ada berapa sikap saat melakukan gayadi udara?




4..
Bagaimana dalam melakukan  finish?





Jumlah





Skor maksimal = 16





Nilai unjuk kerja =
c.      Ranah Afektif
No
Perilaku yang diharapkan
Ceklist
1.
2.
3.
4.
5.
Bekerjasama dengan teman
Perilaku sesame teman
Mentaati peraturan
Menghormati teman yang mengoreksi
Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain


Jumlah


Skor maksimal = 5


Nilai sikap =
NILAI AKHIR = Nilai Psikomotor + Nilai Kognitif + Nilai Afektif





Mengetahui,                                                           Malang, 29 junit 2015
Kepala Sekolah                                                                  Mahasiswa


                                                                                                  Heri Riki Rianto
Nip                                                                                          Nim 120611433899


Tidak ada komentar:

Posting Komentar